China Ingin Bangun Terowongan Hypersonic Pertama di Dunia

14.33
China terus berinovasi di bidang teknologi. Kini mereka sedang membangun terowongan angin hipersonik tercepat di dunia. Untuk apa?

Negeri Tirai Bambu ini kerap melakukan inovasi yang mengejutkan di bidang teknologi. Hingga detik ini, Tiongkok belum memberikan sinyal akan berhenti berkarya dalam bidang teknologi.

Sebut saja rencana untuk mencapai Bulan, membangun stasiun luar angkasa sendiri, bahkan misi ke Mars pada tahun 2020. Yang terbaru adalah terowongan angin hipersonik tercepat di dunia. Mereka membangunnya untuk mengembangkan pesawat ruang angkasa.



"Terowongan sepanjang 265 meter ini dapat digunakan untuk menguji pesawat hipersonik yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga Mach 25 (30.625 km/jam), 25 kali kecepatan suara," Han Guilai, seorang peneliti di Chinese Academy of Sciences (CAS), mengatakan kepada China Central Television (h/t Xinhua).

Jika diletakkan dalam perspektif, penumpang wahana penerbangan hipersonik tersebut dapat pergi dari Beijing ke New York City--jarak sekitar 11.000 kilometer dalam waktu sekitar 20 menit saja. Sementara Penerbangan komersial Boeing 777 yang beroperasi saat ini membutuhkan waktu lebih dari 13 jam non-stop untuk jarak yang sama.

Han mengatakan terowongan angin yang mereka punya saat ini baru dapat mensimulasikan penerbangan mulai dari Mach 5 hingga Mach 9.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.