Harimau Bonita Tertangkap, Ini Dia Penyebab Harimau Bonita Menjadi Ganas

13.56
Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam kota Riau akhirnya merelokasi harimau Bonita dari Kecamatan Pelangiran, Indragiri Hilir, Riau, pada Sabtu sore, 21 April 2018. Harimau Sumatera berjenis kelamin betina itu ditempatkan di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya, Sumatera Barat.

Bonita ditangkap setelah beberapa bulan berkeliaran di permukiman dan perkebunan warga. Selama berkeliaran, harimau Bonita diduga telah menyebabkan kematian dua warga Pelangiran. Selain itu, Bonita juga membuat aktivitas keseharian warga terganggu.


Direktur Eksekutif Yayasan Arsari Djojohadikusumo selaku pemilik pusat rehabilitasi itu mengatakan perubahan perilaku diduga karena adanya kandungan virus dalam tubuh harimau. Biasanya berasal dari makanan yang disantap harimau.

Virus itu bernama Canine Distemper Virus (CDV). Virus ini ditularkan melalui anjing karena hewan ini paling banyak terserang virus tersebut. "Bisa saja harimau Bonita terserang virus CDV. Apalagi, Bonita disebut pernah memakan anjing warga," ujarnya.

Menurut dia, virus itu cukup berbahaya terhadap saraf otak harimau. Jika terjangkit, sifat harimau bisa berubah. Salah satunya, tidak takut dengan manusia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.