Inilah Indonesia Dimana Pelaku Menjadi Duta, Miris Tapi Kocak!



Beberapa hari lalu tersebar sebuah foto ala-ala kekinian, seharusnya foto tersebut tidak mereka unggah karena foto tersebut malah menjadi bukti pelanggaran yang telah mereka lakukan. Entah mereka tidak tahu peraturan yang berlaku atau memang mereka norak, duh dasar pendaki ndeso. warganet kesal dengan banyaknya foto-foto pendaki ini yang dengan seenaknya memetik edelweiss.

Tumbuhan yang hanya bisa tumbuh di ketinggian tertentu dan tidak boleh dipetik itu justru jadi ajang selfie pendaki-pendaki tersebut. Lebih gilanya lagi, tanpa tahu malu mereka justru mengunggah foto mereka dengan bunga edelweiss di tangannya. Ditambah dengan ucapan-ucapan manis kepada teman ataupun pacarnya. Tak ayal, warganet pun kesal dengan perilaku mereka yang merusak alam dan memanggil mereka dengan panggilan ‘pendaki ndeso!’

Inilah hukuman yang didapatkan oleh pelaku pemetik edelweiss, dari pihak Taman Nasional Gunung Rinjani


Pihak Taman Nasional Gunung Rinjani memberikan daftar hitam kepada mereka sehingga mereka dilarang untuk mendaki Gunung Rinjani. Untuk waktunya sampai kapan tidak ada keterangan resmi dalam surat larangan pendakian tersebut. Meskipun terlampau ringan, namun sanksi tersebut dianggap bisa jadi peringatan untuk pendaki lain agar tidak melakukan hal yang sama di Rinjani. Duhh kayanya ringan banget deh sanksinya, kalau ga boleh masuk doang sih tinggal cari gunung lain. Lagi pula naik gunung paling di lakukan setahun hanya beberapa kali saja.

Alih-alih mendapat hukuman, pendaki-pendaki ini justru mendapatkan kehormatan menjadi duta pelestarian edelweiss lho!


Seharusnya, hukuman pidana diberikan kepada mereka. Kalau pun tidak diberikan, sanksi sosial yang lebih berat selayaknya diberikan. Misal membersihkan sampah di Rinjani atau bertugas melakukan aksi sosial di Rinjani. Bukan malah justru diberikan kesempatan menjadi duta pelestarian edelweiss. Kalaupun jadi duta, sebaiknya mereka telah melakukan sanksi sosial lebih dahulu baru dijadikan duta setelah melakukan tugasnya dengan baik.

Nah ‘kan dejavu sama Zaskia Gotik yang dulu menghina Pancasila dan akhirnya menjadi duta Pancasila. Kini kejadian yang sama juga terjadi pada pemetik edelweiss yang merusak alam namun jadi duta pelestarian. Indonesia memang kadang lucu-lucu sih ya... Mungkin inilah saatnya kita berbuat suatu yang negatif agar diangkat menjadi seorang duta. hahaha.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.