Melihat Perubahan Dari Stadion Utama Gelora Bung Karno

14.51

Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Bapak Jokowi baru saja meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada hari Minggu kemarin tepatnya tanggal 14 Januari 2018 malam, pukul 19.00 WIB. Wajah baru SUGBK dengan segala fasilitasnya pun mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya.

Konon katanya stadion ini digadang memiliki pencahayaan terbaik di dunia.


Ya, kini SUGBK memiliki pencahayaan berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya. Selain itu, SUGBK juga memiliki sistem tata suara yang lebih ciamik dari sebelumnya dan bisa bikin susana lebih dramatis.

SUGBK dibangun sesuai dengan standar FIFA, seperti aspek keamanan yang dimana dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

Hamparan rumput jenis Zoysia Matrella.


Hamparan rumput di SUGBK adalah jenis Zoysia Matrella yang merupakan kelas 1 standar FIFA. Selain itu ada sistem drainase di bawah rumput yang mencegah lapangan banjir. Bila digunakan sebagai tempat konser musik atau lainnya, tidak perlu digulung rumpunya, melainkan diselimuti dengan mekanisme yang canggih.

Kini Stadion Utama Gelora Bung Karno terlihat begitu berbeda yang terlihat dari kursi penontonnya yang dibuat menjadi single seat, sistem tiket menggunakan scanner, bench tim yang serupa dengan stadion di Eropa, juga ketersediaan tribun untuk difabel.


Seluruh stadion kelas dunia menerapkan deteksi wajah penonton sebagai bagian dari sistem keamanan. Demikian juga SUGBK yang memiliki CCTV di berbagai tempat.
Kamera pemantau kualias 7K ini mampu mendeteksi wajah pelaku kejahatan yang membaur dengan ribuan penonton. Sistem indentifikasi jutaan footage-nya terhubung database Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Gimana keren kan perombakan dari stadion kebanggaan kepunyaan Indonesia ini? :D


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.