Nikahsirri.com Akhirnya Tumbang Beserta Pemiliknya


Pernikahan merupakan hal yang dianggap sakral dan nggak bisa sembarangan melakukannya. Semua orang pun normalnya ingin melakukan pernikahan itu hanya sekali dan selamanya. Sayangnya, image menikah yang selalu nampak suci dan indah itu justru berkebalikan dengan apa yang belakangan terjadi. Situs nikahsiri.com mendadak jadi buah bibir setelah diketahui menjalankan program lelang keperawanan dan menyediakan jasa kawin kontrak. Bahkan sang penggagas, Aris Wahyudi mengatakan kalau lelang keperawanan ini bisa mengentaskan kemiskinan bagi keluarga yang kurang mampu. Hmmm… kok bisa?

Nggak heran, keberadaan situs ini dikecam banyak pihak, mulai dari KPAI hingga masyarakat. Situs ini memang nampaknya menjadikan perempuan sebagai komoditas, atau barang dagangan yang diperjualbelikan di pasar bebas. Untungnya, dilansir dari Kompas, Kominfo bertindak tegas dengan memblokir situs ini dan pemiliknya pun ditangkap dengan tuduhan UU ITE dan Pornografi. Biar nggak salah kaprah soal informasi yang beredar, baiknya kamu baca baik-baik uraian Hipwee News & Feature berikut soal sepak terjang situs nyeleneh ini.

Beginilah Cara Kerja Aplikasi Nikahsiri.com


Situs Nikahsiri.com dibangun menyerupai layanan lelang kontak jodoh bagi pria dan perempuan dalam membangun rumah tangga.

"Pada prinsipnya, di dunia ini seperti lelang. Pria tampan akan dipilih oleh perempuan untuk dijadikan suami," Aris Wahyudi (49) saat ditemui Kapolsek Jatiasih Kompol Ili Anas di Bekasi, Sabtu (23/9/2017)

Dalam kesempatan itu Aris membantah program tersebut memiliki unsur pelacuran karena di dalamnya tidak ada pemaksaan kehendak atas pasangan yang dijodohkan.

"Nikah siri ini sangat berbeda dengan pelacuran. Nilai yang diberikan pria ditentukan oleh mucikari dan perempuannya dipilih secara paksa harus melayani. Kalau ini, terserah kedua pihak," katanya.

Pihak yang mendapat penolakan dari pasangan yang diincar, kata dia, akan mengalami penurunan rating di situs tersebut sebagai bahan informasi kandidat lainnya. Aris mengaku hanya berperan sebagai fasilitator bagi pria maupun perempuan yang ingin mencari pasangan hidup.

Pengguna akun akan memperoleh kategori, yakni mitra selaku pihak yang akan dipilih dan klien selaku pihak yang memilih pasangan. Bagi pemilik akun pria akan disumpah pocong atas pengakuannya sebagai perjaka, sementara perempuan akan menjalani cek keperawanan secara medis sebagai syaratnya.

"Kategori mitra tidak harus selalu perempuan, bisa juga pria yang sedang cari pasangan," katanya. Persyaratan sebagai pengguna akun, kata dia, salah satunya wajib membeli satu

Meresahkan Masyarakat, Aplikasi Nikahsiri.com Diblokir Kemkominfo


Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika menyatakan pihaknya memblokir situs nikahsirri.com karena telah meresahkan masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Humas Kementerian Kominfo Noor Iza melalui pesan singkatnya kepada Antara di Palembang, Sabtu (23/7/2017) mengatakan bahwa pihaknya telah melayangkan surat kepada para penyedia layanan internet (ISP) untuk memblokir situs tersebut.

Noor juga menyampaikan, melalui akun twitter resmi, Kementerian Kominfo telah menginformasikan pemblokiran situs tersebut kepada khalayak netizen.

"Sejenak sampaikan keresahan masyarakat yang terjadi atas munculnya situs nikahsirri.com. Tim internal Ditjen Aptika telah melakukan pendalaman sehingga pada pukul 16.00 WIB nikahsirri.com diputuskan diblokir," demikian kicauan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam akun resmi twitternya, Sabtu.

Seperti diberitakan nikahsirri.com telah memicu keresahan masyarakat karena selain menawarkan kawin kontrak juga menawarkan lelang perawan.

Sebelumnya, pada tahun 2015, Kementerian Kominfo atas permintaan Kementerian Agama memblokir situs-situs nikah siri "online".

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.