Sejumlah ATM BCA Offline Gara-gara Gangguan Satelit

10.32

Sebagian kecil Anjungan Tunai Mandiri (ATM) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) di Jakarta offline. Gangguan ini terjadi karena ada masalah di jaringan komunikasi.

"Ada gangguan pada satelit Telkom 1 jadi (BCA) enggak bisa dapat hubungan," kata Direktur Utama BCA, Jahja Setiaatmadja. Jahja mengatakan, saat ini BCA sedang mengupayakan perbaikan dengan mengaktifkan jalur komunikasi alternatif sehingga pelayanan kepada nasabah bisa kembali lancar.

"Masih tetap diupayakan (perbaikan). Ada 100 kantor kas kita juga terkena, tapi sudah mulai mau dialihkan ke alternatif lain. Semoga Senin sudah lancar yang kantor kas," kata Jahja.

Berikut pernyataan resmi pihak telkom :


Pihak Telkom membenarkan bahwa satelit miliknya terjadi gangguan. Mereka pun menyampaikan permohonan maaf ke pada masyarakat atas terjadinya gangguan tersebut.

Bahwa sekitar pukul 16.51 WIB hari ini (25/08) telah terjadi gangguan satelit Telkom 1. Saat ini Telkom dibantu oleh Lockheed Martin selaku pabrikan satelit Telkom 1 tengah melakukan proses recovery dan diperkirakan layanan kembali normal sekitar pukul 02.00 WIB (26/08).

Telkom 1 memiliki 36 transponder yang saat ini melayani kebutuhan transponder pelanggan di Indonesia dan Regional. Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu.

Telkom senantiasa berupaya menjaga kualitas layanan guna menciptakan pengalaman terbaik pelanggan.

Sampai saat ini 5.700 ATM masih offline, Presiden Direktur BCA bagikan tips bagi nasabah BCA.


Sebanyak 5.700 ATM Bank Central Asia (BCA) masih mengalami offline akibat terdampak gangguan satelit Telkom 1.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja memberikan tips bagi para nasabah yang kesulitan melakukan transaksi keuangan.

"Tips paling mudah, cari kantor cabang BCA yang ada ATM-nya, itu pasti ATM-nya beroperasi," kata Jahja, dalam konferensi pers yang digelar di Menara BCA, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).

Sebanyak 11.510 ATM beroperasi normal seperti biasa. Jahja menyarankan nasabah untuk membuka website BCA, di https://bca.co.id/lokasi untuk mengetahui lokasi-lokasi ATM BCA yang sudah beroperasi.

Kemudian, nasabah juga dapat mengetahui informasi terbaru melalui Halo BCA. Jika nasabah masih kesulitan, nasabah dapat menarik tunai di ATM bank lain.

"Nasabah akan dibebaskan biaya tarik tunai. Tapi saat menarik tunai tetap akan dikenakan biaya, nanti akan dikembalikan pada akhir bulan," kata Jahja.

Jahja menargetkan perbaikan operasional dilakukan selama dua minggu. Sedangkan untuk transaksi keuangan selain tarik tunai dapat dilakukan melalui aplikasi atau mobile banking.

"Jaringan online lainnya tidak ada yang terdampak. Seperti EDC, aman semuanya, hanya ATM yang terkena gangguan," kata Jahja.

Sebagaimana diketahui, satelit Telkom 1 mengalami gangguan berupa pergeseran pointing antena satelit.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.