Tanpa Berisik dan Berasap inilah Wajah Baru Bajaj Beroda Empat Yang Sudah Mulai Beroperasi Di Jakarta.

11.24

Mungkin beberapa dari kalian masih bertanya-tanya saat melihat mode transportasi baru ini di jalan khususnya Jakarta. Upaya pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah bekerja keras menata Ibu Kota, termasuk meremajakan kendaraan umum yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu cara yang dilakukan dengan menghadirkan mobil roda empat yang disebut Bajaj Qute. Mobil ini juga disebut-sebut salah alternatif pengganti bemo.

Menurut Dewan Pimpinan Unit Organda Angkutan Lingkungan DKI, Petrus Tukimin, keberadaan Bajaj Qute sebagai kendaraan umum ini merupakan rencana pemerintah sejak lama.


Diketahui, Bajaj Qute ini masih uji coba dan jumlahnya terbatas yaitu hanya 17 unit yang mendapat izin operasi.


Rencana, Bajaj Qute ini digunakan untuk uji coba selama tiga bulan ke depan, yaitu dimulai 19 Juli 2017. Konsumen pun tak perlu bingung jika melihatnya, sebab tampilan Bajaj Qute tetap warna biru, menggunakan plat nomor kuning. Yang membedakannya hanya desain dan jumlah roda yakni menjadi empat. 

Menariknya bagian atap mobil ini juga telah menggunakan roof rack, yang dapat dimanfaatkan untuk membawa barang dengan jumlah banyak dan besar.

Berapakah tarif dan kapasitas penumpang yang dapat diangkut sekali jalan dalam bajaj qute ini?


Memiliki kapasitas empat penumpang, termasuk sopir. Kapasitas mesin sebesar 220 cc atau seperti mesin bajaj lama. transportasi ini juga dilengkapi bagasi penyimpanan barang yang ukurannya tidak terlalu besar.

Rencananya akan dilengkapi dengan mesin argo layaknya taksi. Namun, biaya tidak akan jauh berbeda dengan tarif bajaj lama.

"Tarif sama (seperti bajaj lama). Kami upayakan supaya pakai argo dan harganya murah. Ini kan angkutan lingkungan dan harus terjangkau oleh masyarakat bawah,"

Semoga kedepannya jalanan Jakarta tidak lagi di penuhi polusi udara dan suara bising yang cukup mengganggu dan ramah lingkungan seperti Bajaj Qute ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.