Heboh! Zohri Memakai Bendera Polandia Saat Juara di Finlandia

13.39
Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, belum lama ini telah menjadi juara dunia kompetisi lari U20 2018 IAAF (International Association of Athletics Federations) di Tampere, Finlandia, dalam kategori 100 meter putra. Kemenangannya sontak diperbincangkan di media sosial. Politikus-pejabat pun turut memberi selamat atas kemenangannya.

Muncul pro-kontra soal bendera yang dikenakannya.
Debat kusir soal bendera bermula dari kejadian di lapangan. Setelah mencapai garis finis, Zohri merayakan kemenangan dengan bendera merah-putih. Bendera itu membungkus badannya ketika Zohri berlari merayakan kemenangannya.

Hal yang sama dilakukan dua pelari Amerika Serikat (AS) yang menempati posisi kedua dan ketiga perlombaan. Namun, banyak pengguna media sosial bertanya: apakah benar bendera yang dipakai Zohri itu bendera Indonesia, atau bendera Polandia yang dipegang secara terbalik?


Pertanyaan itu muncul karena berdasarkan video dan foto-foto yang tersebar, Zohri mendapatkan bendera itu dari seorang pria Kaukasian. Perdebatan di internet pun terus terjadi selama beberapa hari terakhir.

Polski ZwiÄ…zek Lekkiej Atletyki (PLZA) atau Asosiasi Atletik Polandia melalui akun Twitter resminya mencuit soal bendera negaranya yang dipakai Zohri. Pada 11 Juli 2018 pukul 11.04 AM, kabar itu disampaikan melalui akun @PLZANews, intinya membenarkan bahwa tim mereka meminjamkan bendera putih-merah Polandia.

Twit PZLA itu mengundang banyak komentar. Umumnya, pengguna Twitter mempertanyakan kebenaran kabar itu. Beberapa mencoba mengkonfirmasi, beberapa lainnya mencoba memberi analisis ini dan itu dari foto.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.